17 Ciri-ciri Ayam Bangkok Berkualitas Juara

17 Ciri-ciri Ayam Bangkok Berkualitas Juara :

Memiliki ayam Bangkok yang berkualitas menjadi idaman berbagai orang, khususnya bagi para pecinta ayam. Bila kamu adalah salah satu dari pecinta ayam yang ingin memiliki ayam Bangkok berkualitas super, maka mengetahui ciri ayam bangkok berkualitas adalah sebuah kewajiban tidak tertulis yang perlu kamu lakukan. Dengan mengetahui ciri-ciri ayam bangkok berkualitas ini anda pasti dapat memilih ayam Bangkok paling bagus di antara ayam-ayam yang tersedia di pasaran.

Memilih ayam Bangkok yang bagus memang bukan perkara yang susah, tetapi membutuhkan ketelitian yang lebih daripada cukup agar anda tidak salah melihat dan menilai ayam Bangkok yang akan anda pilih tersebut. Beberapa ciri-ciri mungkin kurang terlihat bila dibandingkan dengan ciri-ciri yang lain. Namun demikian apabila anda jeli dan teliti, semuanya pasti bisa anda amati dengan tingkat akurasi yang cukup jelas. Lantas apa sajakah ciri-ciri ayam bangkok berkualitas yang bisa anda gunakan untuk memilih ayam bangkok berkualitas tersebu? Berikut ciri-cirinya.

1. Tulang sambungan antara kepala dan leher tidak menonjol

Ayam Bangkok yang berkualitas memiliki ciri-ciri tulang sambungan antara kepala dengan ekor yang tidak menonjol. Dengan kata lain, semakin tidak menonjol tulang sambungan antara kepala dengan leher semakin baik kualitas ayam bangkok yang kamu miliki. Perhatikan dengan seksama bagian tulang sambungan ini, karena biasanya susah untuk diamati dan bakal bikin kamu putus asa apabila tidak terlihat juga.

Namun jangan khawatir, ada indikasi lain yang masih bisa kamu gunakan untuk melihat apakah ayam Bangkok milikmu berkualitas ataukah tidak

2. Kerapatan pada ruas tulang leher sangat rapat

Selain memiliki tulang sambungan yang tidak menonjol, ayam Bangkok yang berkualitas juga memiliki ciri-ciri ruas tulang leher rapat. Dengan kata lain, semakin rapat ruas tulang leher ayam Bangkok yang kamu miliki, semakin baik pula kualitas ayam bangkok yang kamu miliki. Perhatikan dengan seksama bagian ruas-ruas tulang leher ini, karena bila kamu tidak teliti maka pasti akan susah untuk mengamatinya dengan seksama.

Bila kamu kesuliitan untuk mengamatinya, masih ada indikasi lain yang masih bisa kamu gunakan untuk melihat apakah ayam Bangkok milikmu berkualitas ataukah tidak.

3. Celah antara sambungan leher dan bahu rapat

Selain memiliki tulang sambungan yang tidak menonjol, serta ruas tulang leher rapat, ayam Bangkok yang berkualitas juga memiliki celah yang berada di antara sambungan leher dan bahunya dengan kerapatan yang cukup tinggi. Dengan kata lain, semakin rapat celah antara sambungan leher dan bahu ayam Bangkok yang kamu miliki, semakin baik pula kualitas ayam bangkok yang kamu miliki. Perhatikan dengan seksama bagian celah antara sambungan leher dengan bahu yang ada di ayam Bangkokmu, karena bila kamu tidak teliti maka pasti akan susah untuk mengamatinya dengan tepat.

Bila kamu kesuliitan untuk mengamati celah sambungan antara leher dengan bahu ini, masih ada indikasi lain yang masih bisa kamu gunakan untuk melihat apakah ayam Bangkok milikmu berkualitas ataukah tidak.

4. Bentuk kepala seperti buah pinang

Selain memiliki tulang sambungan yang tidak menonjol, ruas tulang leher rapat, dan celah antara sambungan leher dan bahu yang rapat, ayam Bangkok yang berkualitas juga memiliki bentuk kepala seperti buah. Dengan kata lain, semakin mirip kepala ayam Bangkokmu dengan buah pinang maka semakin baik pula kualitas ayam bangkok yang kamu miliki. Untuk mengamatinya tidak terlalu sulit bila kamu sudah tahu seperti apa buah pinang itu.

Bila kamu kesuliitan untuk mengamati apakah bentuk kepala ayam Bangkokmu seperti buah pinang atau tidak, masih ada indikasi lain yang masih bisa kamu gunakan untuk melihat apakah ayam Bangkok milikmu berkualitas ataukah tidak.

5. Postur tubuh panjang bulat

Selain memiliki tulang sambungan yang tidak menonjol, ruas tulang leher rapat, celah antara sambungan bahu dan leher yang rapat serta bentuk kepala seperti buah pinang, ayam Bangkok yang berkualitas juga memiliki postur tubuh yang panjang bulat. Dengan kata lain, semakin panjang dan bulat postur tubuh ayam Bangkok yang kamu miliki, semakin baik pula kualitas ayam bangkok yang kamu miliki.

Bila kamu kesuliitan untuk membedakan apakah postur tubuh ayam Bangkokmu sudah sesuai atau tidak, masih ada indikasi lain yang masih bisa kamu gunakan untuk melihat apakah ayam Bangkok milikmu berkualitas ataukah tidak.

6. Sayap rapat dan panjang dengan jari kaki yang panjang dan luas

Selain memiliki tulang sambungan yang tidak menonjol, ruas tulang leher rapat, celah antara sambungan bahu dan leher yang rapat serta bentuk kepala seperti buah pinang, dan postur tubuh yang panjang dan bulat, ayam Bangkok yang berkualitas juga memiliki sayap yang rapat dan panjang dengan jari-jari kaki yang panjang dan luas. Dengan kata lain, semakin panjang dan rapat sayap ayam Bangkok yang kamu miliki, semakin baik pula kualitas ayam bangkok yang kamu miliki. Selain itu juga berarti bahwa ayam Bangkok dengan jari kaki yang panjang dan luas merupakan ayam Bangkok dengan kualitas yang bagus.

Bila kamu kesuliitan untuk membedakan apakah sayap dan jari kaki ayam Bangkokmu sudah ideal atau belum, masih ada indikasi lain yang masih bisa kamu gunakan untuk melihat apakah ayam Bangkok milikmu berkualitas ataukah tidak.

7. Paha bulat pipih

Selain memiliki tulang sambungan yang tidak menonjol, ruas tulang leher rapat, celah antara sambungan bahu dan leher yang rapat serta bentuk kepala seperti buah pinang, postur tubuh yang panjang dan bulat, serta sayap yang rapat dan panjang dengan jari-jari kaki yang panjang dan luas, ayam Bangkok yang berkualitas juga memiliki paha yang berbentuk pulat pipih. Dengan kata lain, semakin bulat dan pipih paha ayam Bangkok yang kamu miliki, semakin baik pula kualitas ayam bangkok yang kamu miliki.

Bila kamu kesuliitan untuk membedakan apakah paha ayam Bangkokmu sudah ideal atau belum, masih ada indikasi lain yang masih bisa kamu gunakan untuk melihat apakah ayam Bangkok milikmu berkualitas ataukah tidak.

8. Pangkal ekor besar dan kaku

Selain memiliki tulang sambungan yang tidak menonjol, ruas tulang leher rapat, celah antara sambungan bahu dan leher yang rapat serta bentuk kepala seperti buah pinang, postur tubuh yang panjang dan bulat, sayap yang rapat dan panjang dengan jari-jari kaki yang panjang dan luas, dan paha yang berbentuk pulat pipih, ayam Bangkok yang berkualitas juga akan memiliki pangkal ekor yang berukuran besar dan juga kaku. Coba amati bagaimana bentuk pangkal ekor ayam Bangkok yang kamu miliki. Bila ukurannya besar dan juga kaku, alias sulit digerak-gerakkan, maka itu berarti ayam Bangkokmu memiliki kualitas yang baik.

Bila kamu kesuliitan untuk mengamati pangkal ekor ayam Bangkokmu apakah berukuran besar atau tidak serta apakah kaku atau tidak, masih ada indikasi lain yang masih bisa kamu gunakan untuk melihat apakah ayam Bangkok milikmu berkualitas ataukah tidak.

9. Tulang sayap tebal

Selain memiliki tulang sambungan yang tidak menonjol, ruas tulang leher rapat, celah antara sambungan bahu dan leher yang rapat serta bentuk kepala seperti buah pinang, postur tubuh yang panjang dan bulat, sayap yang rapat dan panjang dengan jari-jari kaki yang panjang dan luas, paha yang berbentuk pulat pipih, ayam Bangkok yang berkualitas juga akan memiliki tulang sayap yang tebal alias berisi.

Bila kamu kesuliitan untuk mengamati apakah tulang sayap ayam Bangkok yang kamu punya tebal atau tidak, masih ada indikasi lain yang masih bisa kamu gunakan untuk melihat apakah ayam Bangkok milikmu berkualitas ataukah tidak.

10. Tulang pinggul bulat atau tidak bidang

Selain memiliki tulang sambungan yang tidak menonjol, ruas tulang leher rapat, celah antara sambungan bahu dan leher yang rapat serta bentuk kepala seperti buah pinang, postur tubuh yang panjang dan bulat, sayap yang rapat dan panjang dengan jari-jari kaki yang panjang dan luas, dan paha yang berbentuk pulat pipih, ayam Bangkok yang berkualitas juga memiliki tulang pinggal yang berbentuk bulat atau tidak bidang. Coba amati bagaimana bentuk pinggul ayam Bangkok yang kamu miliki. Bila bentuknya bulat alias tidak bidang, maka itu berarti ayam Bangkokmu memiliki kualitas yang baik.

Selain 10 ciri di atas, ada pula ciri tambahan yang bisa melengkapi untuk membedakan manakah ayam Bangkok yang berkualitas unggul atau tidak. Kamu juga bisa menggunakannya untuk memilih ayam Bangkok dari pasar saat kamu ingin membeli ayam Bangkok yang baru atau saat memilah anakan ayam Bangkok yang baru lahir.

Berikut ciri lain dari ayam bangkok yang berkualitas jawara, antara lain:

  • Tulang dada yang lebar. Semakin lebar tulang dada yang dimiliki oleh ayam Bangkokmu, semakin baik pula kualitas ayam bangkok yang kamu miliki secara keseluruhan.
  • Jarak tulang dada belakang dengan tulang supit dekat. Semakin dekat tulang dada yang dimiliki dengan tulang supit yang dimiliki oleh ayam Bangkokmu, semakin baik pula kualitas ayam bangkok yang kamu punya.
  • Tulang supit rapat semakin baik. Semakin rapat tulang supit yang dimiliki oleh ayam Bangkokmu, semakin baik pula kualitas ayam bangkok yang kamu miliki secara keseluruhan.
  • Paruh yang panjang dan tebal seperti paruh elang. Semakin panjang dan tebal paruh yang dimiliki oleh ayam Bangkokmu semakin bagus kualitas ayam bangkok yang kamu miliki.
  • Leher lurus dan tebal. Semakin lurus dan tebal leher yang dimiliki oleh ayam Bangkokmu, semakin baik pula kualitas ayam bangkok yang kamu miliki secara keseluruhan.
  • Dada bidang. Semakin bidang semakin baik.
  • Bahunya kuncup dengen kaki kering bersisik yang rapi.

Itulah beberapa ciri-ciri ayam Bangkok berkualitas yang bisa kamu gunakan untuk memilih ayam Bangkok yang paling berkualitas. Semoga tulisan ini membantumu untuk memilih ayam Bangkok yang mau kamu beli ya!