8 Ciri Ayam Jago Aduan yang Bagus, Paruh Panjang dan Tebal hingga Ekor Pendek

Ayam merupakan salah satu hewan yang banyak dipelihara di masyarakat. Biasanya orang yang memelihara ayam sebagai hewan ternak untuk dikembangbiakkan, kemudian dijual sebagai bahan makanan. Bukan hanya dagingnya, namun telur yang dihasilkan ayam juga bisa dijual untuk mendapatkan penghasilan.

Selain menjadi hewan ternak, tidak sedikit pula orang yang memelihara ayam sebagai hobi saja. Jenis ayam yang sering menjadi hewan peliharaan biasanya yang mempunyai tubuh bagus dan kuat. Salah satunya seperti ayam jago. Selain dipelihara, ayam jago yang memiliki tubuh gagah dan kuat juga sering kali dilombakan dalam pertarungan atau adu ayam.

Di Indonesia, adu ayam menjadi suatu budaya atau tradisi tersendiri bagi sebagian masyarakat. Meskipun saat ini sudah jarang dilakukan, namun sebagian masyarakat memilih untuk tetap melakukannya sebagai upaya untuk melestarikan tradisi yang ada. Dalam hal ini, biasanya masyarakat memilih ayam jago dengan selektif agar bisa menjadi pemenang dalam pertarungan.

Terdapat beberapa ciri ayam jago aduan yang bagus dan kuat yang perlu Anda ketahui. Ciri ayam jago aduan ini dapat dilihat dari beberapa bagian tubuhnya yang khas. Mulai dari bentuk paruh, bagian kepala, hingga bentuk ekor. Beberapa ciri ayam jago aduan ini dapat menunjukkan bahwa ayam tersebut mempunyai tubuh yang kuat dan kokoh sehingga berpotensi menjadi pemenang dalam setiap pertarungan.

Mempunyai Tubuh Besar dan Tegap

Ciri ayam jago aduan yang bagus dan kokoh pertama dapat dilihat dari bentuk tubuhnya. Biasanya ayam jago aduan yan kuat mempunyai tubuh yang besar dan tegap. Hal ini biasanya dapat ditunjukkan dari postur tubuh ayam ketika berdiri yang membentuk sudut hampir 90 derajat.

Ayam jago aduan yang berkualitas juga mempunyai tulang dada lebih besar dibandingkan jenis ayam lainnya. Selain itu, banyak orang yang lebih memilih ayam jago dengan badan empuk dibandingkan yang keras.

Hal karena ayam dengan tubuh yang cenderung empuk memiliki otot yang bagus dan kuat dalam bertanding. Hal ini juga menjadi salah satu faktor pendukung dalam kualitas serangan ayam saat bertarung.

Bentuk Leher Panjang

Ciri ayam jago aduan yang bagus juga biasanya mempunyai bentuk leher panjang. Ayam jago yang memiliki bentuk leher lebih panjang dari jenis ayam lainnya sering disebut sebagai ayam jago berkualitas baik dan kuat.

Namun umumnya, jenis ayam jago yang dipilih adalah dengan tulang penghubung antara leher dan kepala yang tidak menonjol. Jika tulang sambung semakin tidak menonjol, maka kualitasnya semakin baik.

 

Baca Juga : Cara Budidaya Ayam Petelur Lengkap, Terbukti Meningkatkan Produksi Telur

 

Bentuk Jengger Menyerupai Blangkon

Ciri ayam jago aduan yang bagus selanjutnya dilihat dari bentuk jenggernya. Ayam jago aduan dengan kualitas yang bagus biasanya mempunyai bentuk jengger menyerupai bentuk penutup kepala blangkon.

Selain itu, bentuk jengger ayam yang bagus juga biasa disebut seperti rose atau seperti pial pendek. Beberapa bentuk jengger tersebut dinilai dapat menunjukkan kualitas ayam yang bagus, kuat, dan berpotensi menjadi juara.

Berkaki Bulat dan Mempunyai Sisik Rapi

Ciri ayam jago aduan yang bagus juga memiliki kaki yang bulat dan bersisik rapi. Ayam jago aduan yang berkualitas dikatakan mempunyai bentuk kaki yang bulat dan terlihat kering.

Selain itu, ayam jago aduan yang kuat juga dapat dilihat dari sisik berwarna kuning yang rapi, yaitu bentuknya sejajar dan tidak terputus. Dari ciri-ciri itu, dapat dilihat bahwa ayam jago tersebut mempunyai tubuh dan kemampuan serangan yang kuat.

Paruh Panjang dan Tebal

Ciri ayam jago aduan dengan kualitas baik selanjutnya mempunyai paruh panjang dan tebal. Paruh yang panjang dan tebal merupakan salah satu ciri yang selalu dipilih para pecinta ayam jago aduan untuk memilih jenis unggul.Selain itu, warna paruh ayam jago aduan biasanya juga beda dengan jenis ayam lain, yaitu cenderung lebih kuning. Sehingga, semakin panjang, bulat, dan berwarna kuning cerah pada bagian paruh ayam maka itu merupakan ayam jago petarung dengan kualitas unggulan.

Kepala Seperti Buah Pinang

Kepala seperti buah pinang juga termasuk salah satu ciri ayam jago aduan yang bagus. Dilihat dari kualitasnya, ayam dengan bentuk kepala yang besar seperti menyerupai buah pinang merupakan jenis ayam jago aduan yang bagus.

Ayam dengan ciri ini biasanya mempunyai kemampuan serang yang kuat dan tidak

Warna Mata Sama dengan Paruh dan kakinya

Berikutnya, warna mata yang sama dengan paruh dan kakinya juga menjadi ciri khas ayam jago aduan yang perlu diperhatikan. Biasanya ciri ayam jago aduan dengan kualitas bagus mempunyai warna mata tembus, yaitu warnanya sama atau mirip dengan warna paruh dan kakinya.

Jika Anda melihat warna dasar matanya sama dengan bagian paruh dan kaki, maka itu merupakan pilihan ayam jago petarung yang tepat.

Ekor Lebih Pendek

Ciri ayam jago aduan dengan kualitas bagus yang terakhir dapat dilihat dari bentuk ekornya. Biasanya ayam jago petarung yang bagus mempunyai bentuk ekor yang lebih pendek.

Hal ini akan memudahkan ayam untuk bergerak lebih leluasa dan gesit. Sehingga gerakannya akan lincah saat bertarung dengan ayam jenis lain.

Sebaliknya, ayam jago dengan bentuk ekor lebih panjang biasanya mempunyai haya bertarung yang lebih tenang dan lembut.

 

Hubungi Customer Service Kami Untuk Info Lengkap (24 Jam ) :
☎️WA 08129732623
☎️Telegram 081214952061
www.Bolavita1.com