Cara Agar Ayam Bangkok Lebih Besar dan Tinggi

PERAWATAN AYAM BANGKOK SEHARI-HARI

 

Membudidayakan ayam bangkok selalu tidak dientik untuk para penghobi saja, namun dari segi kuliner juga memiliki potensi yang sangat maksimal untuk kuliner. Untuk mendapatkan ayam bangkok yang lebih besar besar dan tinggi.

Ayam bangkok merupakan primadona dalam peternakan sehingga banyak orang yang berbondong-bondong membudidayakannya. Selain bibitnya mudah di dapat, perawatan yang dilakukan juga tidaklah rumit. Mahal tidaknya saat dipanen, bergantung pada ukuran ayam. Sehingga diperlukan cara perawatan yang tepat agar ayam bangkok lebih besar dan tinggi.

Agar pertumbuhan ayam bangkok maksimal tentu diperlukan adanya kesabaran dan ketekunan dalam merawatnya. Kunci utama agar ayam bangkok lebih besar dan tinggi adalah pada masa pertumbuhan di usia 0-5 minggu. Layaknya golden age, penentuan pertumbuhan ayam bangkok berada pada usia tersebut.

Cara Agar Ayam Bangkok Lebih Besar dan Tinggi

1. Pemilihan Indukan yang Tepat

Sebelum memutuskan membeli indukan ayam bangkok, anda perlu memahami terlebih dahulu tentang indukan ayam bangkok untuk memperoleh keturunan yang sesuai dengan keinginan.

  • Ukuran ayam bangkok yang besar biasanya berkisar antara ukuran 7 dan 8.
  • Untuk mendapatkan ayam bangkok berukuran tersebbut, setidaknya anda memerlukan indukan yang berukuran satu tingkat di bawahnya.
  • Misal, jika anda menginginkan ayam bangkok berukuran 8, maka anda harus membeli indukan ayam berukuran 7. Begitupun jika anda menginginkan ukuran ayam bangkok 7, setidaknya anda harus memilih indukan berukuran 6. Begitu seterusnya.
  • Agar memastikan pembelian indukan ayam bangkok yang sesuai, anda perlu mengetahui terlebih dahulu ciri-ciri ukuran indukan yang benar.

    2.      Perhatikan Masa-masa Keemasan

    • Masa keemasan ayam bangkok adalah ketika anak ayam berusia 0-5 minggu. Namun sangat boleh jika anda mencuri start untuk perawatan terbaik pada 0-3 minggu.
    • Sehingga pada usia tersebut pertumbuhan anak ayam  harus dimaksimalkan. Perawatan yang intensif akan membantu ayam bangkok tumbuh besar dan tinggi.
    • Jika pada masa-masa tersebut anak ayam mengalami sakit atau terinveksi penyait, anda perlu lebih memperhatikannya dengan pemberian obat dan vitamin.
    • Meski dalam perawatan anak ayam telah terlihat sembuh, anda perlu memberikan perawatan intensif lanjutan setidaknya selama satu minggu kedepan.
    • Jangan lupa untuk memisahkan anak ayam yang sakit dengan ayam yang sehat. Karena masa masa sakit yang dialami oleh anak ayam sangat berpengaruh terhadap perkembangan ayam lainnya jika dalam perawatan kandang yang sama. Potensi menular akan lebih besar dan akan berdampak pada kematian.

    3.      Pemberian Pakan

    • Pemberian pakan ayam biar cepat tumbuh sebaiknya diberikan pakan pur murni yaitu pada ayam yang berusia 0-2 bulan. Tak hanya pur, pemberian pakan ayam juga harus diimbangi dengan pemberian vitamin.
    • Pemberian pakan tersebut juga bisa diberikan sampai bulu di punggung dan leher ayam muai rontok dan berganti dengan bulu rawis pejantan.
    • Untuk anda yang sedang menghemat anggaran, setelah umur ayam menginjak usia 2 bulan dapat ditambahkan dengan dedak katul dengan perbandingan 4:1.

    4.      Makanan berkalsium tinggi

    • Tak hanya jenis pakan dan vitamin saja yang dapat mempengaruhi pertumbuhan ayam bangkok.
    • Selain perlu memperhatikan perkembangan dagingnya, ayam bangkok juga perlu memperhatikan pertumbuhan tulangnya.
    • Hal yang tak kalah penting adalah badan yang besar juga harus memiliki tulang yang baik. sehingga pertumbuhan tulang dapat terjadi jika anda memberikan makanan berkalsium tinggi atau pemberian calk.
    • Kalsium diperlukan agar ketika badan ayam telah menyusut akibat masa abar atau latihan, setidaknya ayam memiliki tulang yang kokoh untuk tetap menyokong pertumbuhannya.

    5.      Pengaturan Keseimbangan Gizi

    Seperti makhluk hidup pada umumnya, pengaturan keseimbangan pakan yang bergizi dengan protein yang tinggi merupakan cara mempercepat pertumbuhan ayam bangkok.

    • Pemberian pakan bergizi akan meningkatkan nafsu makannya sehingga pakan tidak banyak terbuang percuma.
    • Nafsu makan ayam bangkok harus ditingkatkan secara terus menerus hingga tumbuh besar. Pemberian vitamin dan melakukan pengaturan waktu pemberian pakan akan membuat motivasi bagi ayam untuk berebut makanan yang diberikan.
    • Nafsu makan yang tinggi akan membuat makanan bergizi yang diberikan akan cepat habis dan membuat pertumbuhan badan ayam menjadi baik.
    • Selain itu, anda perlu mengurangi gerakan ayam terlalu berlebihan. Karena akan membuat pemberian pakan yang bernutrisi tersebut akan terbuang menjadi pembakaran yang menghasilkan pembakaran.
    • Anda juga bias membuat pakan racikan sendiri sesuai kebutuhan, salah satunya dengan memberikan pakan konsentrat yang memenuhi beberapa hal nutrisi yang dibutuhkan ayam.
    • Berikut Cara Membuat Pakan Ayam Konsentrat dengan mudah dan tepat.

Faktor Penunjang Perawatan Ayam Bangkok

 

1. Penerangan Kandang

Yang tidak kalah penting dalam memperhatikan kesehatan anak ayam adalah penerangan kandang yang dapat membantu menghangatkan anak ayam.

Penerangan tersebut dapat membantu suhu tubuh anak ayam menjadi stabil. Selain itu dapat membantu dalam situasi waspada terhadap anal ayam.

2. Pemberian Pakan Secara Teratur dan Konsisten

Jika poin di atas hanya membahas tentang jenis pakan saja, yang tak kalah penting dan perlu diperhatikan adalah waktu pemberian pakan yang stabil dan sesuai kebiasaan. Waktu normal pemberian pakan ayam yakni pada pagi dan sore hari.

3. Kebersihan Pakan

Kebersihan pakan akan membantu proses penyerapan protein yang terdapat dalam pakan menjadi terserap dengan baik. akibatnya, jika sterilisasi selalu dilakukan tentu akan mencegah terjangkit penyakit yang membahayakan ayam.

Selain pakan, kebersihan air minum juga perlu diperhatikan, yakni dengan memberikan minum air masak agar tidak ada bibit penyakit yang berkutat pada air yang diberikan.

4. Sinar Matahari

Sinar matahari juga sangat penting untuk diberikan pada anakan ayam bangkok untuk memberikan kekuatan pada tubuh dalam pembentukan otto secara maksimal.

Setidaknya pada pagi hari, anakan ayam bangko diberikan akses untuk mendapatkan sinar matahari yang baik untuk pertumbuhannya.

5. Kebersihan Kandang

Tidak hanya kebersihan pakan saja yang perlu dijaga, melainkan kebersihan kandang juga perlu untuk diperhatikan.

  • Sterilisasi kandang setidaknya perlu dilakukan seminggu sekali. Bekas pakan dan kotoran ayam yang terlalu lama mengendap akan menjadi sarang kuman dan penyakit.
  • Hal tersebut akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan ayam. Lakukan penyemprotan disinfektan sebelum anak ayam di tempatkan, dan lakukan hal yang sama pada masa setelah panen.
  • Karena pertumbuhan penyakit di tempat yang lembab akan sangat cepat berpengaruh. Tidak hanya untuk ayam, melainkan untuk anda yang memelihara ayam.

 

Penambahan Suplemen Untuk Ayam Bangkok

Cara ayam bangkok tumbuh besar cukup dengan memperhatikan poin di atas. Tips tersebut akan cuup membuat ayam anda tumbuh besar dengan cepat.

Selain hal di atas, tentu ada informasi tambahan dalam perawatan ayam bangkok agar cepat besar.

Salah satunya adalah Anda juga bisa menggunakan suplemen khusus untuk ayam bangkok milik Anda. Anda bisa menggunakan Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan yang baik untuk keberlangsungan hidup ayam bangkok milik Anda.

suplemen organik cair gdm spesialis ternak 5ltr

Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan mengandung mineral dan bakteri baik yang berfungsi untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan ternak Anda, termasuk ayam bangkok.

Selain itu, khusus untuk unggas, Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan bisa menurunkan kadar amoniaK sehingga kandang dan kotoran tidak berbau.

Anda bisa mencampurkan Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan pada air minum atau pakan yang akan Anda berikan kepada ayam bangkok milik Anda. Penggunaannya, Anda bisa menambahkan 30 ml Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan untuk pakan atau minum 100 ekor ayam bangkok.

Keunggulan Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan yang diaplikasikan dengan pakan maupun minum pada ayam antara lain:

  • Probiotik ayam GDM dapat menghasilkan enzim fitase. Enzim inilah yang mampu meningkatkan protein dan mineral (P,Me,Fe,Zn,Ca) pada pakan. Sehingga kandungan nutrisi pada pakan ayam akan jauh lebih baik.
  • Dapat mengurangi bau pada kotoran ayam karena penyerapan nutrisi dapat terserap secara maksimal.
  • Kotoran yang di hasilkan cenderung lebih kering sehingga dapat menekan amoniak dalam kandang. Hal ini dikarenakan ternak ayam telah mampu menyerap semua nutrisi yang terdapat didalam pakan.

 

 

 

 

Hubungi Customer Service Kami Untuk Info Lengkap (24 Jam ) :
☎ Whatsapp Baru +62812 9739 2623
📞 Telegram : BOLAVITA +6281214952061