Ciri Memilih Ayam Aduan Juara : Memiliki Tubuh Tegap dan Besar

Ayam merupakan salah satu hewan yang banyak dipelihara di masyarakat. Biasanya orang yang memelihara ayam sebagai hewan ternak untuk dikembangbiakkan, kemudian dijual sebagai bahan makanan. Bukan hanya dagingnya, namun telur yang dihasilkan ayam juga bisa dijual untuk mendapatkan penghasilan.

Selain menjadi hewan ternak, tidak sedikit pula orang yang memelihara ayam sebagai hobi saja. Jenis ayam yang sering menjadi hewan peliharaan biasanya yang mempunyai tubuh bagus dan kuat. Salah satunya seperti ayam jago. Selain dipelihara, ayam jago yang memiliki tubuh gagah dan kuat juga sering kali dilombakan dalam pertarungan atau adu ayam.

Di Indonesia, adu ayam menjadi suatu budaya atau tradisi tersendiri bagi sebagian masyarakat. Meskipun saat ini sudah jarang dilakukan, namun sebagian masyarakat memilih untuk tetap melakukannya sebagai upaya untuk melestarikan tradisi yang ada. Dalam hal ini, biasanya masyarakat memilih ayam jago dengan selektif agar bisa menjadi pemenang dalam pertarungan.

Terdapat beberapa ciri ayam jago aduan yang bagus dan kuat yang perlu Anda ketahui. Ciri ayam jago aduan ini dapat dilihat dari beberapa bagian tubuhnya yang khas. Mulai dari bentuk paruh, bagian kepala, hingga bentuk ekor. Beberapa ciri ayam jago aduan ini dapat menunjukkan bahwa ayam tersebut mempunyai tubuh yang kuat dan kokoh sehingga berpotensi menjadi pemenang dalam setiap pertarungan.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut kami merangkum beberapa ciri ayam jago aduan bagus dan kuat yang perlu Anda perhatikan.

 

Mempunyai Tubuh Besar dan Tegap

Ciri ayam jago aduan yang bagus dan kokoh pertama dapat dilihat dari bentuk tubuhnya. Biasanya ayam jago aduan yan kuat mempunyai tubuh yang besar dan tegap. Hal ini biasanya dapat ditunjukkan dari postur tubuh ayam ketika berdiri yang membentuk sudut hampir 90 derajat.

Ayam jago aduan yang berkualitas juga mempunyai tulang dada lebih besar dibandingkan jenis ayam lainnya. Selain itu, banyak orang yang lebih memilih ayam jago dengan badan empuk dibandingkan yang keras.

Hal karena ayam dengan tubuh yang cenderung empuk memiliki otot yang bagus dan kuat dalam bertanding. Hal ini juga menjadi salah satu faktor pendukung dalam kualitas serangan ayam saat bertarung.