Jenis Ayam Aduan : Ayam Bangkok

Ayam merupakan salah satu jenis unggas yang biasa dipelihara oleh masyarakat Indonesia. Ayam peliharaan merupakan keturunan langsung dari salah satu subspesies ayam hutan yang dikenal sebagai ayam hutan merah (Gallus gallus) atau ayam bangkiwa (Bankiva fowl).

Menurut sejarah dan klasifikasinya, ayam yang sekarang dipelihara manusia berasal dari ayam liar. Kemudian ayam yang telah jinak disilangkan atau dikawinkan dengan jenis ayam lainnya.

Selain ayam pedaging yang banyak dicari masyarakat karena keperluan untuk dikonsumsi, jenis ayam lainnya yang tak kalah populer dari ayam pedaging adalah ayam petarung atau ayam aduan. Ayam aduan adalah ayam yang memiliki kekuatan fisik, daya tahan terhadap pukulan, mental, dan kekuatan serta akurasi pukulan yang baik. Ayam aduan juga dikenal memiliki karakter pejuang.

Ayam Bangkok (Thailand)
Jenis ayam aduan yang pertama adalah ayam Bangkok. Ayam ini bisa dibilang paling populer di kalangan pecinta ayam aduan, karena dianggap memiliki insting yang kuat (cerdas) saat bertarung.

Selain itu, ayam Bangkok memiliki postur tubuh yang bagus karena tinggi badannya sangat ideal. Seekor ayam Bangkok ideal memiliki daya tahan terhadap pukulan, memiliki pukulan yang keras, dan memiliki kelincahan saat bertarung.

Oleh karena itu, kebanyakan pencinta sabung ayam memilih ayam Bangkok sebagai ayam aduan.