Jenis-Jenis Ayam Kate Sebagai Ayam Hias Yang Perlu Diketahui

Siapa yang tidak mengenal unggas. Jenis hewan ternak satu ini merupakan kelompok burung yang dapat dimanfaatkan baik dari daging, telur, atau bahkan bulunya. Unggas sendiri merupakan bagian dari ordo galliformes (ayam dan kalkun) serta anseriformes (bebek).

Dan saat ini unggas telah banyak dijadikan sebagai hewan peliharaan yang juga diternakkan untuk menghasilkan keuntungan. Salah satunya ialah ayam kate

Ayam katai atau ayam kate merupakan jenis ayam dengan ukuran kecil atau kerdil dalam pertumbuhannya. Meskipun dalam jenis ayam, kate diternakkan bukan dijadikan sebagai ayam pedaging dan petelur, melainkan digunakan sebagai ayam hias.

 

Jenis Ayam Kate

1. Ayam kate serama

Jenis kate pertama yakni kate serama. Ayam yang dijuluki ayam sombong ini, banyak diminati masyarakat sebagai ayam hias. Dengan postur dada yang membusung, serama sering dijadikan sebagai ayam pertunjukkan yang juga dipertandingkan.

Jika anda merawat dengan baik ayam serama, anda dapat mengikutsertakan perlombaan. Semakin banyak

2. Ayam kate jepang

Kate Jepang memiliki bulu berwarna kuning keemasan degan tambahan aksen warna putih pada ujung ekor dengan jengger serta pialnya yang memiliki ukuran besar dan berwarna merah, serta memiliki kaki yang lebih pendek berwarna kuning campur jingga. Kate ini berasal dari Negara Sakura loh, sesuai dengan namanya.

3. Ayam kate batik

Sesuai dengan namanya, jenis kate ini memiliki bulu dengan corak warna layaknya batik. Pada ujung-ujung bulunya memiliki corak yang mirip dengan batik.

ayam kate batik

Memiliki bentuk garis hitam layaknya lukisan malam (lilin) pada warna bulu putih polos, membuat masyarakat menyebut kate ini sebagai kate batik.

4. Ayam kate putih

Sesuai dengan namanya jenis kate ini memiliki warna bulu putih bersih dengan tampilan warna cengger yang lebih terang atau cerah.

ayam kate putih

Kontras dengan warna bulunya, dengan tambahan corak warna hitam di bagian ujung ekornya.

5. Ayam kate ceper

ayam kate ceper

Ayam kate ceper memiliki postur kaki yang lebih pendek dibanding ayam kate biasanya. Jadi bentuknya terlihat lebih mungil.

6. Ayam kate kampong

Merupakan jenis kate biasa yang umumnya dipelihara oleh masyarakat. Bentuknya biasa dan belum disilangkan dengan ayam jenis lain. yang artinya ras asli ayam kate biasa.

 

Baca Juga : Ayam Hias Yang Cocok Dipelihara di Rumah

7. Ayam kate Kanada

Ayam kate kanada

Jenis kate Kanada tidak berbeda jauh dengan ayam kate batik, dimana memiliki corak bulu seperti batik atau coraknya rapi dan membentuk pola dengan warna dasar bulunya perpaduan hitam dan keemasan

8. Ayam kate walik

ayam kate walik

Jenis ayam satu ini merupakan hasil persilangan antara ayam kate biasa yang dikawinkan dengan ayam walik. Persilangan tersebut menghasilkan ayam kate dengan bulu yang terbalik.

9. Ayam kate emas

Sesuai dengan namanya, kate emas memiliki warna bulu keemasan. Warnanya bulunya cenderung berkilau dan cerah.

ayam kate emas

Kate ini sering di ikutkan pertunjukan atau lomba, karena keindahan bulunya.

10. Ayam kate kapas

Ayam hias satu ini, memiliki bulu yang indah mengembang dengan folikel pada bulu yang melekat satu dengan lainnya, sehingga nampak seperti kapas.

Warna bulunya umumnya cokelat, hitam, putih. Ayam yang berasal dari China ini memiliki warna yang gelap cenderung hitam pada kulit hingga ke daging dan juga tulang.

Jenis Ayam Kate Yang Bagus

Kate dengan jenis bagus serta berkualitas yakni adalah ayam kate berbulu (jenis brahma, Conchins, dan Sultan), ayam kate tanpa bulu kaki (Yokohama, polandia, araucanas, Sisilia buttercups, dan Buck eyes), ayam kate dengan jambul mekar dan bulu kaki (jenis sebright dan rosecombs), ayam kate jambul tanpa bulu kaki (jenis leghoms, australorps, dan islans reds), dan kate pertunjukkan dengan postur badan ramping dan kaki panjang.

Hubungi Customer Service Kami Untuk Info Lengkap (24 Jam ) :
☎️WA 08129732623
☎️Telegram 081214952061
www.Bolavita1.com